Mengenai Saya

Foto saya
bayu adalah seorang yang sangat menyukai suatu tantangan tertentu, tapi terkadang malas, wlopun begitu saat bayu punya suatu tekad, dia akan menjalankannya dg 100% dan dg semangad membara......

Selasa, 10 November 2009

eritropoesis

Sesuai fungsinya sumsum tulang dapat dibagi dalam beberapa sistem/kelompok sel :

1. Kelompok sel induk pluripotensial + multipotensial

2. Kelompok sel induk unipotensial atau bipotensial + sel-sel yang berdiferensiasi

3. Sistem pengatur pertumbuhan (menstimulasi proliferasi set)


Dalam sumsum tulang yang aktif memproduksi sel darah terdapat dua sistem yaitu

1. stroma sumsum tulang

2. sinusoid.

Sel yang berperan dalam hemopoesis mengambil tempat dalam stroma sumsum tulang, hanya sel yang sudah matang masuk dalam sinusoid dan terus ikut dalam aliran darah masuk ke dalam sirkulasi darah. Sel yang belum matang pada

prinsipnya tetap tinggal dalam stroma sumsum tulang.


“Eritropoesis”

o Proses eritropoesis dimulai sel induk multipotensial, kemudian terbentuk sel-sel induk unipotensial yang masing-masing membentuk satu jenis sel misalnya eritrosit. Proses pembentukan eritrosit ini disebut eritropoesis.

o Dalam keadaan normal 20% dari sel sumsum tulang yang berinti adalah sel berinti pembentuk eritrosit.

o Sel berinti pembentuk eritrosit ini tampak berkelompok-kelompok dan tidak masuk ke dalam sinusoid.

o Baru pada tahap retikulosit (tak berinti lagi) sel-sel ini menjadi lebih bebas satu sama lain dan dapat masuk ke dalam sinusoid untuk terus masuk dalam aliran darah.

o Sel induk unipotensial yang committed akan mulai bermitosis sambil berdiferensiasi menjadi sel eritrosit bila mendapat rangsangan eritropoetin.

o Selain merangsang proliferasi sel induk unipotensial, eritropoetin juga merangsang mitosis lebih lanjut sel promonoblas, normoblas basofilik dan normoblas polikromatofil. (Biasanya diperlukan 3­5x mitosis untuk mengubah proeritroblas mencapai tahap terakhir dari sistim eritropoesis yang masih berinti.)


Dengan sekali rangsangan maka proliferasi dan pematangan eritroblas akan berlangsung selama 7 hari dan selanjutnya akan berhenti dalam 2­3 minggu. Bila dirangsang lagi atau kadar eritropoetin yang diberikan cukup banyak, maka pada hari ke 8­10 akan terjadi pembentukan koloni baru lagi.


Ada dua proses yang memegang peranan utama dalam proses pembentukan eritrosit dari sel induk unipotensial :

1. pembentuk deoxyribonucleic acid (DNA) dalam inti sel

2. pembentuk Hb dalam plasma eritrosit


Pembentukan DNA dalam inti sel

Agar mitosis dapat terjadi, inti sel yang akan bermitosis terlebih dahulu harus membentuk DNA yang diperlukan untuk membentuk 2 pasang kromosom yang masing-masing kemudian akan berada dalam inti sel hasil mitosis.


(Bila pembentukan DNA ini mengalami hambatan maka walaupun pembentukan Hb dalam plasma telah cukup, mitosis tidak mungkin terjadi dan akan mengalami "penundaan" sampai jumlah DNA yang diperlukan tercapai)


Untuk pembentukan DNA ini diperlukan dua katalisator yang memegang peranan amat penting yaitu vit. B12 dan 2) asam folat.


Kekurangan vitamin B12 dan atau asam folat akan menyebabkan berkurangnya mitosis sel. Karena pada saat yang bersamaan pembentukan hemoglobin berjalan terus, akan terjadi disproporsi antara besar dan bentuk inti dengan ukuran sitoplasma. Akhirnya terbentuk sel eritrosit yang abnormal dan berukuran besar dalam jumlah yang tidak cukup sehingga terjadi keadaan anemia (makrositosis). Di samping itu sel eritrosit berinti yang terdapat dalam sumsum tulang cepat hancur dalam sumsum tulang sebelum mencapai bentuk eritrosit matang.

Dalam keadaan normal dibutuhkan sekitar 100-400 ug B12 dan sekitar 1500 ug asam folat sebulan untuk mempertahankan jumlah eritrosit yang normal


Pembentukan Hemoglobin dalam sitoplasma sel

Pembentuk sitoplasma sel dan hemoglobin (Hb) terjadi bersamaan dengan proses pembentukan DNA dalam inti sel. Seperti dikemukakan sebelumnya Hb merupakan unsur terpenting dalam plasma eritrosit. Molekul Hb terdiri: globin, protoporfuin dan besi (Fe).


o Globin dibentuk sekitar ribosom

o Protoporfirin dibentuk sekitar mitokondria.

o Besi didapat dari transferin.


Pada permulaan sel eritrosit berinti terdapat reseptor transferin. Tidak berhasilnya sitoplasma sel eritrosit berinti mengikat Fe untuk pembentukan Hb dapat disebabkan oleh rendahnya kadar Fe dalam darah.


Hal ini dapat disebabkan oleh:

1. kurang gizi

2. gangguan absorbsi Fe (terutama dalam lambung)

3. kebutuhan besi yang meningkat akan besi (kehamilan, perdarahan

dan sebagainya).


Penyebab ketidak berhasilan eritrosit berinti untuk mengikat besi dapat juga disebabkan oleh rendahnya kadar transferin dalam darah. Hal ini dapat dimengerti karena sel eritrosit berinti maupun retikulosit hanya memiliki reseptor transferin bukan reseptor Fe.


Perlu diketahui bahwa yang dapat terikat dengan transferin hanya Fe elemental dan untuk membentuk 1 ml packed red cells diperlukan 1 mg Fe elemental.


Gangguan produksi globin hanya terjadi karena kelainan gen (Thalassemia, penyakit HbF, penyakit Hb C, D, E, dan sebagainya). Bila semua unsur yang diperlukan untuk memproduksi eritrosit (eritropoetin, B , asam folat, Fe) terdapat dalam 12 jumlah cukup, maka proses pembentukan eritrosit dari pronormoblas s/d normoblas polikromatofil memerlukan waktu 2-4 hari.


Selanjutnya proses perubahan retikulosit menjadi eritrosit memakan waktu 2-3 hari; dengan demikian seluruh proses pembentukan eritrosit dari pronormoblas dalam keadaan "normal" memerlukan waktu 5 s/d 9 hari.


Bila diberikan obat anti anemik yang cukup pada penderita anemia defisiensi maka dalam waktu 3-6 hari kita telah dapat melihat adanya kenaikan kadar retikulosit; kenaikan kadar retikulosit biasanya dipakai sebagai patokan untuk melihat adanya respon pada terapi anemi.


Perlu diketahui bahwa diperlukan beberapa jenis enzim dalam kadar yang cukup agar eritrosit dapat bertahan dalam bentuk aktif selama 120 hari. Kekurangan enzim-enzim ini akan menyebabkan eritrosit tidak dapat b’tahan cukup lama dan menyebabkan umur eritrosit tadi kurang dari 120 hari.


Ada dua enzim yang berperan penting yaitu:

1) piruvat kinase,

2) glukose 6-fosfat dehidrokinase (G6PD).


Anemia karena defisiensi ensim piruvat kinase hanya dapat diobati dengan transfusi eritrosit. Penderita dengan defisiensi G6PD akan mengalami hemolisis bila mendapat obat-obat tertentu terutama

1. obat anti malaria (quinine, primaquine dan sebagainya)

2. golongan sulfa

3. golongan salisilat

4. fenasetin

5. derivat vitamin K

6. nitrofurantoin dan sebagainya.


Obat-obat tadi harus dihindari sejauh mungkin pada penderita defisiensi G6PD. Defisiensi kedua ensim tadi disebabkan oleh karena adanya kelainan gen dalam kromosom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar