Mengenai Saya

Foto saya
bayu adalah seorang yang sangat menyukai suatu tantangan tertentu, tapi terkadang malas, wlopun begitu saat bayu punya suatu tekad, dia akan menjalankannya dg 100% dan dg semangad membara......

Sabtu, 26 Desember 2009

Konsumsi Sayuran Perlambat Penurunan Fungsi Kognitif

Suatu penelitian menunjukkan adanya hubungan antara perlambatan penurunan fungsi kognitif dengan kebiasaan mengkonsumsi sayuran.

Mereka yang mengkonsumsi sayuran sedikitnya 2,8 porsi per harinya akan memperlambat rata-rata penurunan fungsi kognitif, keadaan tersebut masih terus diteliti penyebabnya. Beberapa pakar menganalisis kemungkinan karena di dalam sayuran terkandung vitamin E, Martha Clare Morris, ScD dari Rush University Medical Center, Chicago mengatakan pada Medscape 24 Oktober 2006.

Penelitian ini melibatkan 3718 partisipan dari Chicago Health dan Aging Project (CHAP), dengan melakukan penelitian kohort pada partisipan yang berusia diatas 65 tahun pada tahun 1993-2002.

Dari studi data dikumpulkan data tentang frekuensi makanan, tes fungsi kognitif yang dilakukan sedikitnya 2-3 kali dan dilakukan pemantauan setiap periode 3-6 tahun.

Ketika dilakukan penilaian berdasarkan usia, sex, ras dan pendidikan, rata-rata penurunan fungsi kognitif pada individu yang mengkonsumsi sekitar 2,8 porsi sayuran perhari lebih lambat 0,019 unit standart pertahunnya dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit mengkonsumsi sayuran.

Dr. Morris lebih lanjut mengatakan bahwa buah-buahan tidak ada hubungannya dengan perlambatan penurunan fungsi kognitif, pendapat ini berbeda dengan penelitian sebelumnya.

Meski penelitian terhadap hewan menyebutkan bahwa buah berry kaya akan antioksidan, dan memiliki efek protektif terhadap otak, namun sulit untuk menilai efek tersebut kepada manusia, karena tidak mudah mendapatkan buah berry, atau hanya terdapat di daerah tertentu saja, Dr. Morris mengatakan.

Sedangkan hasil penelitian terhadap sayuran menyimpulkan bahwa daun hijau, kuning dan jenis kol dapat menghambat terjadinya penurunan fungsi kognitif.

Dr. Morris mengatakan timnya akan merencanakan meneliti kembali sayuran jenis apa saja yang bermanfaat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Ia juga akan meneliti dampak mengkonsumsi buah bagi otak.

Ini merupakan temuan baru, dan masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut lagi untuk melihat efek buah dan sayuran bagi otak manusia. Kita tidak dapat buru-buru merekomendasikan tentang manfaat sayuran dan buah-buahan dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif. Meski demikian hasil penelitian ini dapat bermanfaat agar pasien mulai membiasakan diri mengkonsumsi sayuran, Morris mengatakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar